Istilah dalam dunia marketing.


Beberapa mahasiswa bertanya kepada pensyarahnya tentang makna dari beberapa istilah dalam dunia marketing. Agar lebih mudah dipahami ia menjelaskannya dengan analogi berikut:

1. Ada gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghampirinya sambil berkata, “Saya usahawan berjaya. Jadilah isteri saya” Itu namanya Direct Marketing.

2. Ada gadis cantik di sebuah pesta. Seorang rakan kamu menghampirinya. Sambil menunjuk ke arah kamu, sambil nberkata padanya, “Dia orang kaya, ambil dia menjadi suamimu, ya!” Itu namanya Advertising.

3. Ada gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghampirinya, lalu minta nombor HP. Keesokan harinya kamu membuat pangilan sambil berkata, “Saya orang kaya. Nikahlah dengan saya!” Itu namanya Telemarketing.

4. Kamu melihat gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghiaskan diri, lalu menuangkan minuman untuknya, sambil membukakan pintu untuknya, mengantarnya pulang, kamu berkata, “By the way, saya orang kaya. Nikahah dengansaya!” Itu namanya Public Relations.

5. Kamu melihat gadis cantik di sebuah pesta. Dia menghampiri kamu dan berkata, “Eh Kamu orang kaya, kan? Nikahilah saya!’ Itu namanya Brand Recognition.

6. Ada gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghampirinya sambil berkata, “Saya orang kaya. Nikahi saya!”, tapi dia malah menampar kamu. Itu namanya Customer Feedback.

7. Ada gadis cantik di sebuah pesta. Kamu dan terus berkata, “Saya orang kaya. Kahwin dengan saya!”, terus dia memperkenalkan kamu kepada suaminya. Itu namanya Demand and Supply Gap.

8. Kamu melihat gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghampirinya, tapi belum  kamu sempat berkata apa-apa, ada jejaka lain datang dan langsung berkata, “Saya ni orang kaya. Nikah dengan saya!’ Lalu sang gadis pergi dengan jejaka tersebut. Itu namanya Losing Market Share.

9. Kamu melihat gadis cantik di sebuah pesta. Kamu menghampirinya, tapi belum ayat keramatmu kamu lontarkan, “Saya orang kaya ni. Nikahlah dengan saya!’…. tiba-tiba isteri kamu pon sampai! Itu namanya Barrier to New Market Entry.

About Andika Harrat

I'm Mohd Yusof
This entry was posted in Penglipur Lara, Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink.

1 Responses to Istilah dalam dunia marketing.

  1. maccera berkata:

    huhu

Tinggalkan komen